3 Film Internasional Yang Mengangkat Tema Narkoba

Sejumlah kasus narkoba yang terjadi di dunia, terutama di Indonesia menunjukkan bahwa benda satu ini masih menghantui kita. Bahkan rupanya saat ini bukan lagi dalam bentuk menyeramkan, melainkan dalam bentuk-bentuk manis seperti permen dan brownies. Untuk mencegah penyebaran narkoba, berbagai lembaga seperti BNN telah melakukan sosialisasi ke sekolah dan lingkungan remaja lainnya yang sangat mudah dipengaruhi. Bahkan beberapa sineas film internasional mengusung tema narkoba dalam film mereka dan mengemas pesan agar tidak terjebak dalam narkoba. Berikut 3 film yang mengangkat tema narkoba.

Forrest Gump

Forrest Gump mengisahkan tentang seorang Forrest dengan kecerdasan di bawah rata-rata sehingga sering diejek oleh teman-temannya. Meskipun begitu, ia dapat berlari dengan cepat. Selulusnya dari SMA, Forrest mendaftar militer kemudian dikirim ke Vietnam. Di sana ia bertemu dengan seorang komandan dan Bubba, seorang pria negro, yang kemudian menjadi sahabatnya. Suatu hari sang komandan kehilangan kakinya akibat pertempuran. Di situlah akhirnya ia melampiaskan kemarahannya pada narkoba. Film ini mengajarkan kita untuk dapat mengontrol diri agar tidak jatuh pada narkoba.

Eurotrip

Eurotrip menceritakan tentang Scott Thomas yang hendak bertemu dengan teman online-nya di Berlin. Bersama ketiga temannya, mereka berangkat dari Amerika menuju Eropa. Di sana mereka melakukan hal-hal liar dan menikmati ganja, amphetamine dan sebagainya. Dalam Eurotrip ini, kamu dapat melihat bahwa masih banyak remaja yang tidak hanya membutuhkan materi, tapi juga membutuhkan perhatian orang tua agar tidak tumbuh menjadi liar.

Harold & Kumar Escape From Guantanamo Bay

Inilah perjalanan Harold dan Kumar menuju Amsterdam yang dikacaukan oleh Kumar yang membawa ganja ke dalam pesawat. Karena berperawakan seperti orang Arab, Kumar dianggap teroris. Keduanya pun  dibawa ke penjara teroris Guantanamo Bay. Hebatnya mereka pun lolos. Perjalanan pun dilanjutkan untuk membersihkan nama mereka. Dalam perjalanan, mereka dikejar-kejar oleh “Polisi Aneh” yang masih menganggap mereka teroris walaupun keduanya tidak memiliki catatan kepolisian mengenai narkoba. Meski sering beradu pendapat, Harold dan Kumar tetap bersama hingga keduanya sampai di kediaman Presiden Bush, dimana mereka menghisap ganja bersama presiden. Dalam film ini, diperlihatkan bahwa awalnya Vannesa yang memperkenalkan ganja pada Kumar. Kumar sendiri sempat menolak karena itu barang terlarang. Namun akhirnya Kumar pun mencobanya dan menjadi ketagihan.

 

Inilah 3 film internasional yang mengangkat tema narkoba. Dengan bentuk audio visual, orang-orang di balik layar film ini mengemas pesan untukmu agar jangan sampai terjatuh ke dalam jurang narkoba yang kelam.

 

 

Leave a comment